Haruskan Komisi Darurat Kemanusiaan Indonesia Ikut Terlibat Dengan Kasus Internasional?

Belakangan ini memang banyak sekali kasus yang menyangkut tentang kemanusiaan di tingkat nasional maupun internasional. Banyaknya kasus yang menyangkut kemanusiaan dilatar belakangi dengan perbedaan persepsi mengenai suku, agama, ras maupun budaya.

Berbagai perbedaan latar belakang tersebut terkadang menimbulkan suatu keanehan tersendiri di beberapa kehidupana masyarakat yang dikarenakan perasaan tidak terbiasa akan munculnya hal hal baru. Sedangkan kabanyakan masyarakat di dunia menanggapi perbedaan tersebut dengan sikap yang buruk.

Maka dari itu permasalahan yang dihadapi sebagian masyarakat di dunia adalah rendahnya nilai toleransi. Rendahnya nilai toleransi tersebut dapat memicu perselisihan di dalam masyarakat yang majemuk tersebut. Bahkan jika hal tersebut berlanjut dapat menyebabkan timbulnya kekerasan dan bahkan perpecahan. Hal tersebut sendiri sudah terjadi dengan adanya kasus rohingya beberapa waktu yang lalu.

Rohingya sendiri adalah suatu masyarakat yang terdapat di negara birma (Myanmar). Latar belakang yang menyebabkan kasus tersebut adalah rendahnya toleransi pada masyarakat Myanmar tersebut. Rohingya adalah masyarakat yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Namun pokok permasalahannya tidak terdapat pada agama, tetapi penyebab utamanya adalah persoalan etnis.

Protes di Indonesia

Etnis rohingya sendiri merupakan etnis pendatang yang telah lama tinggal di Myanmar. Namun beberapa wkatu lalu, pengusiran di lakukan oleh sebagian besar masyarakat Myanmar dengan latar belakang perbedaan daerah asal tersebut. Selain itu ada juga kabar burung yang mengatakan bahwa kasus tersebut bukan dilatarbelakangi oleh persoalan etnis, tetapi persoalan intern etnis rohingya dengan etnis Myanmar lainnya. Namun tetap saja pemusnahan etnis adalah hal yang bertentangan dengan kebijakan yang telah di keluarkan oleh PBB dan ASEAN. Pihak Sbobet sendiri sangat menentap terhadap keadaan yang membuat etnis Rohingya menderita.

Menanggapi kasus tersebut, Indonesia dengan komisi darurat kemanusiaannya terjun langsung dan berupaya untuk membantu saudara http://gamebet88.co yang berada di Myanmar dengan membuka pintu masuk untuk mereka berlindung di Indonesia. Selain itu, pilihan yang diamblil oleh Indonesia karena Myanmar dan Indonesia sendiri tergabung di dalah ASEAN. Indonesia juga merupakan negara muslis terbesar kedua di dunia. Namun pemerintah juga mengengeluarkan kebijakan bahwa Indonesia hanya sekedar membantu dan tidak membuka pintu dengan sangat lebar mengingat keberadaan etnis rohingya juga memiliki kemungkinan untuk merubah kestabilan sosial dan politik yang ada di Indonesia.

Leave a Reply