Komisi Darurat Kemanusiaan Memandang Permasalahan Di Aceh

Menjaga keutuhan negara Indonesia merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan oleh pemerintah. Hal tersebut dikarenakan Indonesia adalah negara majemuk yang masyarakatnya memiliki ciri khas yang bermacam macam. Dari budaya dan cara berbicara punmereka juga berbeda beda. Bnayak orang yang menilai bahwa perbedaan tersebut merupakan suatu hal yang indah.

Namun apa bila dilihat dari sudut pandang lainnya, perbedaan tersebut dapat menjadi bom waktu bagi Indonesia itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan perbedaan latar belakang budaya maka berbeda juga nilai nilai sosial yang tertanam di dalamnya. Terkedang perbedaan nilai nilai sosial yang diajarkan tersbebut mempu memicu konflik antar budaya. Sudah banyak sekali kasus semacam itu dan bahkan yang terparah dapat menimpulan pertumpahan darah. Sama halnya dengan yang terjadi di Aceh.

Aceh adalah salah satu provinsi yang sidah diberikan berbagai hak istimewa untuk membuat peraturannya sendiri dengan menerapkat hukum islam. Selain itu aceh merupakan daerah pemasok sember daya untuk pusat yang cukup besar. Sedangkan pemerintah sendiri sedikit melupakan wilayah tersebut pada beberapa waktu yang lalu.

Sehingga dampaknya, seluruh masyarakat aceh pun menuntut akan hal tersebut. Setidaknya Aceh diperlakukan seperti wilayah lainnya yang di jawa dari segi pembangunan infrastruktur. Namun pada akhirnya aceh memberikan penyataan untuk melakukan pelepasan diri dari Indonesia untuk mendirikan negara islam sendiri. Namun aksi tersebut masih sempat dicegah sebelum terjadi.

Dengan bantuan dari komisi darurat kemanusiaan yang dengan suksesnya menyampaikan aspirasi masayrakat aceh kepada pemerintah pusat maka keluhan akan pembangunan wilayah tersebut mampu terdengar. Pada akhirnya pemerintan membuat kebijakan bahwa akan terus memperhatikan pembangunan di wilayah lain dan juga pembanguan di aceh sendiri.

Namun tetap saja langkah tersebut diambil dengan pelan pelan karena hal tersebut termasuk sedikit sulit untuk diwujudkan dalam waktu yang dekat. Namun intinya kasus pelepasan diri yang terjadi di aceh dapat diatasi dengan bantuan komisi darurat kemanusiaan tersebut. Komisi tersebut cukup bermanfaat dan berjalan dengan cukup baik dari dulu hingga kini.

Sudah banyak sekali kasus yang diselesaikan dengan bantuan komisi darurat kemanusiaan tersebut. Namun karena komisi tersebut lahir dari masyarakat maka komisi tersebut tidak memiliki otoritas tersendiri untuk melalakukan penyidikan dan juga riset lebih lanjut diberbagai tempat. Namun tenang saja karena persoalan tersebut, komisi darurat kemanusiaan dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk melakukannya.

Bergabung di komisi darurat kemanusiaan sendiri adalah suatu hal yang cukup mulai karena menyangkut aspek sosial untuk memperjuangkan hak dari sebagian orang. Selain itu di dalamnya juga tergabung berbagai jenis LSM yang dapat dimanfaatkan sebagai relasi untuk membantu menyelesaikan berbagai jenis permasalahan serupa.

Leave a Reply