Komisi Darurat Kemanusiaan Menanggapi Permasalahan Masa Kini

Semakin bertambah tuanya zaman maka semakin banyak pula permasalahan yang terdapat di didalamnya. Begitu juga dengan berbagai macam permasalahan yang menyangkut urusan kemanusiaan. Pada masa kini permasalahan yang menyangkut kemanusiaan kajiannya menjadi lebih luas juga. Bahkan pembodohan intelektual pun dapat dimasukkan ke kasus kemanusiaan pula.

Maka dari itu perkembangan zaman juga disertai dengan perkembangan kasus di dalam lingkungan masyarakat. Selain itu tingkat kejahatan di Indonesia juga cukup tinggi pada saat ini. Berbagai tindakan kriminal dilakukan oleh beberapa orang dengan motif tertentu. Namun kebanyakan dari motif tersebut adalah ekonomi. Misalnya saja kasus pencurian yang dilakukan oleh seorang ayah untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Maka dari itu dia memilih jalan yang lebih instan, tetapi berisiko tinggi untuk dilakukan. Namun apa bila berhasil, keuntungan yang direolehnya cukup besar. Ada juga yang bermain judi online dan berhasil mendapatkan uang yang banyak. Indonesia memanglah bukan negara yang kaya dan maka dari itu banyak masyarakatnya yang masih hidup di bawah batas garis kemiskinan.

Selain pencurian, ada kasus kriminal lainnya seperti penyiksaan, pencabulan dan bahkan pembunuhan. Semua kejahatan tersebut tentunya dilakukan dengan berbagai jenis motifnya masing masing. Dan yang paling populer dilakukan adalah kasus penyiksaan terhadap anak. Penyiksaan yang dilakukan pada anak sendiri memiliki pasal tersendiri dan tentu saja melanggar hukum. Namun banyak orang yang tetap melakukan hal tersebut.

Padahal dengan memberikan penyiksaan terhadap akan hanya akan menyebabkan trauma tersendiri pada anak tersebut. Trauma yang dihasilkan dai penyiksaan tersebut akan sangat sulit untuk dilakukan dan bahkan mental dari anak tersebut akan terpengaruh. Selain itu dengan melakukan penyiksaan sama dengan mematikan masa depan dari anak tersebut sendiri karena pastinya akan mengalami kesulitan pada sosialisanya.

Mengatasi permasalahan tersebut, di Indonesia sendiri juga memiliki komisi darurat kemanusiaan yang mempu membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, yaitu komnas ham. Komnas ham atau yang memiliki kepanjangan komisi nasional hak asasi manusia. Komisi tersebut bertugas untuk menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran ham di masyarakat. Komisi tersebut sangat berguna di Indonesia menginat Indonesia sendiri merupakan negara yang masih memiliki angka penyiksaan yang tinggi.

Sebenarnya untuk mengurangi angka kejahatan di Indonesia tersebut tidak hanya dapat dilakukan oleh pihak pemerintah saja, tetapi dapat dilakukan secara perorangan. Misalnya saja jika kekerasan yang terjadi pada rumah tangga seseorang, maka kita dapat ikut campur untuk terlibat di dalamnya. Alasan kemanusiaan dapat dijadikan sebagai motif akan tindakan tersebut. Namun jangan sampai kelewatan batas dan dapat memposisikan diri menjadi terancam.

Gunakanlah cara lembut untuk terlibat di dalamnya dan jangan sampai terkena emosi yang justru dapat membuat permasalahan menjadi lebih lebar. Namun untuk langkah amannya dapat mengajak rekan atau pun tokoh masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan membawa saksi perwakilan maka hal tersebut dapat menjadi lebih aman.

Kejahatan adalah suatu hal yang harus dihilangkan dari muka bumi ini. Bisanya orang yang melakukan kejahatan adalah orang yang memiliki moral buruk dan pergaulananya pun buruk. Maka dari itu untuk mencegah bertambahnya orang semacam itu dapat melakukan pengawasan pergaulan dari orang orang di sekitar seperti anak atau pun anggota keluarga lainnya. Melakukan tindakan kejahatan adalah hal yang paling merugikan di dunia. Belum lagi jika harus mendapat pengadilan atas kejahatan yang dilakukan maka sanksi yang diperolehnya akan sangat berat.

Leave a Reply